Abstract
Perhatian orang tua merupakan bentuk dukungan yang diberikan orang tua untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajarnya. Berdasarkan observasi awal siswa SD Negeri 01 Padangan Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung diidentifikasikan kurang termotivasi dalam belajar karena beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya perhatian orang tua. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Padangan Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaf dengan jenis penelitian korelasional untuk menguji hubungan dua variabel. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Padangan Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung berjumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara serta dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,352 > dari 0,104 dan harga signifikansinya 0,000 < 0,05 sehingga perhatian orang tua mempunyai hubungan yang positif, walaupun tingkat hubungannya masih tergolong “rendah”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Padangan Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung, yang ditunjukkan dengan uji hipotesis yang menunjukkan > (0,352 > 0,104). Saran yang berkaitan dengan penelitian ini bagi orang tua adalah mendampingi anak saat belajar.
References
Ahmadi, A. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A. & Widodo S. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RinekaCipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Awalludin. 2008. Statistika Pendidikan. Depdiknas.
Darmawan, D. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful
Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Febriany, R. & Yusri. 2013. Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Dalam Mengerjakan Tugas-tugas Sekolah. E-journal Universitas Negeri Padang, 2(1)(2013).
Mukadalas, Emosda & Ekawarna. 2012. Pola Asuh Orang Tua Demokratis, Interaksi Edukatif, dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Nasional Universitas Jambi, 2(1)(2012)..
Ningsih, Rita & Arfatin N. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif Universitas Indraprasta PGRI, 6(1)(2016).
Posia, Jamaluddin, & Abduh H. H. 2014. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Universitas Tadulako, 4(3)(2014).
Purwindarini, S. S., Rulita H. & Sri M. D. 2014.Pengaruh Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Terhadap Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah. Jurnal UNNES, 3(1)(2014).
Rahmawati, F., I Komang Sudarman,& Made Sulastri. 2014. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap Di Kecamatan Melaya-Jembrana. E- journal Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1)(2014).
Oni, N. (2019) ‘Analisis Pemanfaatan Media Pembeljaran Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa’, Journal of Chemical Information and Modeling.
Wiyani, N. A. (2013) Membumikan pendidikan karakter di SD : konsep, praktik, & strategi. Edited by R.K. Ratri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Damar Herdita Kurniawan, Ria Fajrin Rizqy Ana