ANALISIS PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN KELAS 5 SDN 1 GONDANG TULUNGAGUNG
PDF

Keywords

Adiwiyata
Karakter Peduli Lingkungan
Lingkungan Hidup

How to Cite

Nikmah, N. B. ., & Ana, R. F. R. (2022). ANALISIS PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN KELAS 5 SDN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 151–159. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.414

Abstract

Program Adiwiyata memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan peran peduli lingkungan dari peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program adiwiyata di SDN 1 Gondang dan mendeskripsikan pelaksanaan program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan di SDN 1 Gondang. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung dengan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SDN 1 Gondang bahwa program adiwiyata yang ada di SDN 1 Gondang sudah cukup berperan penting dalam membangun karakter peduli lingkungan pada siswa. Hasil dari penelitian ini adalah program adiwiyata dapat membangun karakter peduli lingkungan pada siswa, salah satunya dengan adanya program kegiatan yang berkaitan langsung dengan lingkungan, program tersebut adalah sebagai berikut: Membersihkan tempat sampah, respon siswa terhadap kegiatan tersebut cukup baik. Membersihkan lingkungan sekolah, siswa melaksanakan kegiatan tersebut tanpa adanya jadwal piket yang mengikat sehingga siswa melakukannya dengan kesadarannya sendiri. Memperindah kelas dan sekolah dengan tanaman, siswa hanya membawa tanaman setahun sekali, sehingga kegiatan tersebut kurang ada respon dari siswa. Ikut memelihara taman di halaman sekolah, siswa membersihkan taman sekolah sesuai dengan jadwal yang ada. Ikut dalam kegiatan menjaga kebersihan lingkungan, siswa kurang berperan aktif dalam kegiatan ini sehingga kurang memiliki kesadaran terhadap kebersihan lingkungan. Melaksanakan piket merawat green house sesuai jadwal, siswa hanya melakukan kegiatan tersebut sesuai dengan jadwal. Dari beberapa hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa program adiwiyata secara langsung dapat membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di SDN 1 Gondang Tulungagung.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.414
PDF

References

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data. https://doi.org/10.31227/osf.io/s3kr6

Daryanto, & Damiatun, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Gava Media.

Desfandi, M. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, 7.

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Ar Ruzz Media.

Herdiansyah, H. (2015). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu psikologi. Salemba Humanika.

Kusumaningrum, D., & Yulianti, V. (2018). Analisis Keterampilan Literasi Lingkungan Siswa SD di Kecamatan Turen Tahun Pelajaran 2019/2020. Primary Educatoin Journal, 1.

Lickona, T. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab (J. A. Wamaungo (ed.)). Bumi Aksara.

Munib, A., Budiono, & Suryono, S. (2009). Pengantar ilmu pendidikan. Universitas Negri Semarang.

Nasution, S. (2003). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Tarsito.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. Jurnal Riset Pedagogik, 7.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya.

Sinta, A. (2019). Penguatan pendidikan pro-lingkungan hidup di sekolah-sekolah untuk meningkatkan kepedulian generasi muda pada lingkungan hidup. BEST Media.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Encana.

Wibowo. (2016). Manajemen kinerja. Rajawali Pers.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Nila Bari'ul Nikmah, Ria Fajrin Rizqy Ana

Downloads

Download data is not yet available.