ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM KARANGAN TEKS NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
PDF

Keywords

Berpikir Kreatif
Teks Narasi

How to Cite

Nurmalasari, W. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM KARANGAN TEKS NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.424

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan dalam penulisan karangan teks narasi. Kemampuan mencipta/mengelaborasi dan fleksibiltas dibutuhkan dalam menulis karangan teks narasi. Kedua aspek tersebut berkaitan dengan tingkat kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan teks narasi tergolong rendah. Guru belum menggunakan media pendukung untuk menumbukan ide-ide kreativitas siswa seperti gambar ataupun video mengenai peristiwa yang akan ditulis menjadi suatu teks narasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam karangan teks narasi dengan stimulus gambar. Jenis penelitian yakni deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada 19 siswa SDN Madyopuro 6 Malang. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Instrumen yang  digunakan berupa tes dengan 2 butir soal essay menulis teks narasi. Teknik analisis data dengan menganalisis hasil karangan siswa dengan cara mereduksi, memaparkan data, panduan analisis, dan menarik kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam karangan teks narasi tergolong cukup kreatif dengan stimulus gambar. Guru mampu lebih menggunakan variasi stimulus untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.424
PDF

References

Al-Zu’bi, Mohammad, A. A. (2017). The Relationship Between Creative Thinking and Motivation to Learn Creative Thinking Among Pre-Schoolers in Jordan. European Journal Of Education Studies, 3(3), 426 – 442.

Alzoubi, A. M. (2016). The Effect of Creative Thinking Education in Enhancing Creative Self-Efficacy and Cognitive Motivation. Journal of Educational and Developmental Psychology, 6(1), 117 – 130.

Astuti, Yanuarita Widi. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250 – 262

Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thinking SKills in Problem-Based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71 – 80

Guilford, J., P. (1950). Creativity. American Psychologist, 5(9), 444 – 454

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Purba, Rodearta. (2018). Improving the Achievement on Writing Narrative Text Through Discussion Starter Story Technique. Advances in Language and Literary Studies, 9(1), 27 – 30

Qodaroh. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Kart Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Gamer 02 Kota Pekalongan. Jurnal Cakrawala Pendas, 78

Rhosalia, Lulu Anggi. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menulis Naratif Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gayutangan Surabaya. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(2), 166 – 174

Setiawan, Dadan. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Pembelajaran RADEC. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 130 – 140

Siswono, Tatag, Y., E. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 1 – 15

Turkmen, Hakan. (2015). Creative Thinking Skills Analyzes of Vocational High School Students. Journal Of Educational and Instructional Studies in the World, 5(1), 74 – 84

U, S., Supardi. (2012). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 248 – 262

Yarmi, Gusti. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language dengan Teknik Menulis Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8 – 16

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Wahyu Nurmalasari

Downloads

Download data is not yet available.