Abstract
Penelitian ini didasari oleh rendahnya sistem pendidikan sekolah dasar meliputi LKPD yang kini digunakan belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar karena kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD dengan pendekatan etnosains terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Pakel dan SDN 2 Karangrejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V MI Pakel dan SDN 2 Karangrejo berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan tes. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Penggunaan Paired Sample T-Test sebagai analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan bantuan software SPSS 25.0. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan etnosains berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan LKPD dengan pendekatan etnosains terhadap hasil belajar siswa.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nugraha, M.F., dkk. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (E. F. F. Khomaeny, Ed.). Tasikmalaya: Edu Publisher.
Prastowo, A. (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Kreatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Puspita, A. M. I. (2017). Pengaruh penggunaan bahan ajar tematik berbasis lingkungan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN III Tanggung. Karya Ilmiah Dosen, 3(1).
Puspita, A. M. I., & Purwo, S. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4426
Sakti, B. P., & Budiyono, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Sdn 1 Kragilan. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 65–70. 65–70. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3860
Satriani. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnosains Dengan Model Penalaran Kausal Untuk Memecahkan Masalah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 8–16. 6(1), 8–16. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1a2
Suryani, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Susiyanto. (2015). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Stad Berbantuan Media LKS Siswa Kelas 4 SDN Kopeng 03 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta: FKIP, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Wiguna, M. C., Batulicin, S. B., Bumbu, T., & Selatan, K. (2016). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Minat Siswa SMP The Depelopment LKPD About Science Based on Process Skill to Improve Scientific Attitude and Interest for Students Grade VII. 4(2), 176–183.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Vila Wijayanti, Ari Metalin Ika Puspita, Wahyu Nurmalasari