KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUPOINT (EDUCATION POWERPOINT) MELALUI PENDEKATAN ETNOPEDAGOGIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA SEKOLAH DASAR
PDF

Keywords

Education Powerpoint, Learning Media, Scientific Attitude

How to Cite

Riani, P. F., Puspita, A. M. I., & Nurmalasari, W. (2021). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUPOINT (EDUCATION POWERPOINT) MELALUI PENDEKATAN ETNOPEDAGOGIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 39–49. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.199

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap ilmiah yang dimiliki oleh siswa sekolah dasar.Berdasarkan hasil observasi di MI Pakel dan SDN 2 Karangrrejo pada kelas V tanggal 10 dan 12 September 2020 ditemukan beberapa masalah yaitu: (1) siswa kurang semangat mengikuti proses pembelajaran, (2) cenderung pasif dan suka bermain sendiri tidak memperhatikan pembelajaran karena guru menerapkan metode kurang menarik, (3) guru melakukan pengelolaan pembelajaran  monoton karena metode yang diterapkan guru  hanya diskusi dan ceramah  membuat siswa merasa  bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, dan (4) rendahnya sikap ilmiah siswa seperti kedisiplin,rasa  tanggung jawab yang dimilki, ke jujur, rasa keingin tahuan, dan berpikir kritis.  Dalam peneltian ini tujuan penelitian yang ingin dicapai  sebagai berikut: 1) untuk mengetahui tingkatan sikap ilmiah siswa sekolah dasar kelas V d MI Pakel dan SDN 2 Karangrejo. 2) untuk memvalidasi keefektifan media pembelajaran Edupoint (Education Powerpoint) melalui pendekatan etnopedagogik untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa sekolah dasar kelas V. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang bersifat bersifat eksperimen (kuasi eksperimen). Desain penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Penelitian ini diperoleh peningkatan sikap ilmiah yaitu  rasa tanggung jawab (20,73%), berfikir kritis (14,64%),  berpikir terbuka (10,37%), skeptis (2,44%),  teliti (7,93%), respek terhadap data (24,39%) dan kerjasama (21,34%) Hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh media edupoint (eduation powerpoint) terhadap sikap ilmiah siswa. penelitian ini  Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh media pembelajaran Edupoint (Education Powerpoint) terhadap sikap ilmiah siswa sekolah dasar.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.199
PDF

References

Ain, N., & Kurniawati, M. (2013). Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Nurul. Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar,. Jurnal Inspirasi Pendidikan. 316–328 Vol 3, No 2. (Online). (https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/263547) diakses pada tanggal 03 januari 2021

Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 86. (Online). (https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.294) diakses pada tanggal 25 Desember 2020.

Dinatha, N. M. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Untuk Menilai Sikap Ilmiah (Afektif) Mahasiswa. Journal of Education Technology, 1(3), 211. (Online). (https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12507) diakses pada tanggal 25 Desember 2020.

Jalil, M. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Refleksi Edukatika, 6(2), 130–137. (Online) (https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604) diakses pada tanggal 24 Desember 2020

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar : Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196. (Online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/7280) diakses pada tanggal 27 Desember 2020

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan media komik IPA model PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145. (Online). (https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280) diakses pada tanggal 27 Desember 2020

Muhaimin, A., & Soeprianto, H. (2015). Pengembangan Media Kapasitor Dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 59–72. (Online) (https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4004) Diakses pada tanggal 05 Januari 2021

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35.(Online) (https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706) diakses pada tangggal 6 Januari 2021

Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar.

Sudana, D. N. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Ilmiah Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 144. (Online). (https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.14098). diakses pada tanggal 6 Januari 2021.

Sukroyanti, B. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Pocket Book Siswa Dengan Teknik Evaluasi Media Puzzle Ceria Terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(2), 46. (Online). (https://doi.org/10.33394/j-lkf.v4i2.82). Diakses pada tanggal 7 Januari 2021

Sumantri, Mulyani. 2014. Perkembangan Siswa. Banten. Universitas Terbuka.

Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Tunisa, F. R., Kosasih, & Hamdu, G. (2017). PEDADIDAKTKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengaruh Model Pembelajaran Latihan Penelitian terhadap Sikap Ilmiah siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 150. (Online).(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/12507/7827) diakses pada tanggal 28 desember 2020.

Widyaningrum, Retno. 2012. Model Pembelajaran Tematik di MI/SD. Ponorogo. Jurnal Cendekia Vol. 10 No. 1, Hal. 109-110. (online) belum diterbitkan (https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/405) diakses pada tangggal 3 januari 2021.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Pradina Fajar Riani, ari metalin, Wahyu Nurmalasari

Downloads

Download data is not yet available.