KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Keywords

Model Pembelajaran
Kearifan Lokal
Pendidikan Karakter

How to Cite

Mustaqim, I., Puspita, A. M. I., & Nurmalasari, W. (2022). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 35–45. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.198

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter yang harus dipunyai oleh siswa. Dilihat dari permasalahan bahwa belum terwujudnya kesopanan, kedisiplinan, rasa tanggung jawab dan rasa kepedulian antar sesama. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat karakter siswa di SDN 3 Sukorejo dan SDN 4 Sukorejo dan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis kearifan lokal terhadap penguatan karakter. Penguatan pendidikan karakter ini mencakup 5 aspek yaitu mandiri, gotong royong, religius, nasionalis, dan integritas. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan model pre-eksperimental type one group pretest-posttest. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sampel jenuh. Sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN 3 Sukorejo dan SDN 4 Sukorejo.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Paired Sample T-Test dengan bantuan Software SPSS 25.0. Berdasarkan hasil uji beda diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis kearifan lokal. Sehingga dapat diambil kesimpulkan penerapan model pembelajaran berbasis kearifan lokal dapat menumbuhkan karakter siswa sekolah dasar.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.198

References

Arikunto, suharsimi. 2013. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka cipta

Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS), 1(1), 237–249. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/795

Daryanto & Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Gava Media.

Husamah & Setyaningrum. 2013 Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.

Hadi, Imam Anas. 2019. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Lembaga Formal. Jurnal Inspirasi,3(1),1-31. http: //ejournal.unp. ac.id/index .php/jupekhu/article/view/795, diakses 16 Desember 2020

Khusniati, M. (2014). Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3(1), 67–74.

Patmawati, Sri. 2013. Skripsi Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Tata Hidang Siswa Smk Negeri 4 Yogyakarta Diajukan Kepada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagai Persyaratan guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. diakses 20 Desember 2020

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439, diakses 20 Desember 2020

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264

Ruyadi, Yadi (2010). Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal (Penelitian terhadap Masyarakat Adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat untuk Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI, November, 576–594. http://file.upi.edu/Direktori/PROCEEDING/UPI-UPSI/2010/Book_3/Model_Pendidikan_Karakter_Berbasis_Kearifan_Budaya_Lokal_(Penelitian_terhadap_Masyarakat_Adat_Kampung_Benda_Kerep_Cirebon_Provinsi_Jawa_Barat_untuk_Pengembangan_Pendidikan_Karakter_di_Sekolah). diakses 20 Desember 2020

Rukiyati & Purwastuti. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Dasar di Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1). https: //scholar .google .com/ scholar ?hl=id&as_sdt =0 %2C5 &q= rukiyati&oq=rukiya. diakses tanggal 3 Desember 2020

Salahudin & Alkrienciehie. 2010. Pendidikan karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Gava Media.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wandini, Rora Rizki. (2017). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7(2), 96-111. 130-142. http : //jurnaltar biyah. Uinsu .ac. id/index .php /nizhamiyah /article/view/191. diakses tanggal 12 Desember 2020.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Imam Mustaqim, Ari Metalin Ika Puspita, Wahyu Nurmalasari

Downloads

Download data is not yet available.