PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERGANDA SEBAGAI SUPPORTING DAYA INGAT MENGHAFAL HURUF ALFABET SISWA KELAS I SD NEGERI 2 SENGON
PDF

Keywords

Media Puzzle Berganda
Supporting Daya Ingat Siswa

How to Cite

Agustin, M. D., Setiawan, A., & Maruf, M. F. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERGANDA SEBAGAI SUPPORTING DAYA INGAT MENGHAFAL HURUF ALFABET SISWA KELAS I SD NEGERI 2 SENGON . TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–19. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/173

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran puzzle berganda sebagai supporting daya ingat siswa menghafal huruf alfabet dalam kegiatan menulis pada materi ungkapan pemberitahuan kelas 1 SD Negeri 2 Sengon. Sebagian besar permasalahan yang dihadapi siswa kelas 1 adalah kesualitan dalam kegiatan menulis, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurang hafalnya siswa dalam menghafal huruf alfabet, kurang minatnya siswa dalam kegiatan menulis, kurang menariknya media pebelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan menulis dan lain sebagainya. Oleh sebab itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran puzzle berganda, media ini sejenis permainan menyusun potongan-potongan gambar dan huruf yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan morotik dan kognitif siswa untuk mengasah daya fikir anak serta mensupport anak dalam kegiatan menulis terutama dalam menghafal huruf alfabet.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan subyek sebanyak 12 siswa. Berdasarkan hasil data validasi ahli media memperoleh tingkat kevalidan mencapai 92% (sangat layak), aspek bahasa mencapai 88% (sangat layak), aspek materi 89% (sangat layak). Hasil respon siswal memperoleh tingkat kevalidan sebesar 85%, sedangkan dari segi keefektifan media puzzle berganda berdasarkan nilai pretest dan posttest memperoleh gain 0,63 yang diubah dalam bentuk persen memperoleh hasil 63% . Sehingga dari penelitian ini daat disimpulkan bahwa media pembelajaran puzzle berganda cukup layak atau cukup efektif digunakan untuk menghafal huruf alfabet dalam kegiatan menulis.

PDF

References

Euis K. D. J. (2015). Managemen Kelas Classroom Management. Bandung: Alfabeta.

Husna, N. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Unsyiah, 05(01), 66-17.

Sucahyo, D. (2013). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian PGSD, 01(02), 207-216.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryati, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Melisa Dwi Agustin, Angga Setiawan, Moh. Farid Maruf