ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DAN UPAYA MENGATASINYA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 MASARAN

Keywords

Faktor-faktor Penghambat
Keterampilan Membaca Permulaan
Siswa Kelas 1

How to Cite

Pramita, N. A. ., Setiawan, A., & Ma’ruf, M. F. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DAN UPAYA MENGATASINYA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 MASARAN . TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 64–71. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.178

Abstract

Dalam kehidupan saat ini bahasa adalah alat komunikasi yang dapat digunakan untuk berinteraksi antara satu orang dengan yang lainnya. Tanpa adanya komunikasi maka kehidupan ini akan sangat semrawut dan tidak teratur. Keterampilan berbahasa tidak hanya digunakan saat pembelajaran Bahasa Indonesia saja, namun dapat digunakan untuk memahami dan mempelajari pembelajaran mata pelajaran lainnya. Banyak keterampilan berbahasa yang ada yaitu membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Setiap keterampilan memiliki tahapan masing-masing. Perlu diingat bahwa tujuan membaca yaitu mengembangkan kepribadian siswa, menambah pengetahuannya, memperbanyak pengalamannya, dan meningkatkan perasaannya. Selain itu kegiatan membaca juga bertujuan untuk membuat siswa memahami tentang dirinya sendiri dan juga orang lain. Namun kegiatan membaca disekolah dasar kurang disukai oleh siswa karena pada dasarnya mereka lebih suka bermain, belum bisa fokus, dan belum bisa memusatkan perhatiannya terhadap satu hal saja. Sehingga masih banyak siswa sekolah dasar yang belum bisa atau belum lancar dalam membaca permulaan. Dari semua kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa pasti ada faktor penyebabnya. Faktor-faktor penyebabnya bisa dari anaknya dan bisa jadi dari faktor luar anak. Hal ini memerlukan penanganan maksimal dari guru agar siswa bisa lebih maju dan bisa membenahi kekurangannya dalam membaca permulaan. Tanpa ada koordinasi yang baik antara pihak sekolah dan juga pihak orang tua maka akan susah untuk menyukseskan kegiatan membaca permulaan. Karena orang tua adalah guru saat siswa sedang dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor-faktor penghambat keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Masaran. 2) Upaya untuk mengatasi kesulitan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Masaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan di SD Negeri 1 Masaran diperoleh data yaitu sudah lancar membaca : 14 siswa, belum lancar membaca : 5, dan belum bisa membaca : 4 siswa.
Berdasarkan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa karakteristik kesulitan membaca yang dialami oleh siswa antara lain yaitu mengenali maupun menghafal bentuk huruf dan juga kesulitan dalam mengeja. Faktor yang menyebabkan kesulitan membaca siswa antara lain faktor intelektual dan lingkungan. Dimana anak membutuhkan dukungan maupun dorongan terutama dari orang tua saat dirumah. Di saat pandemi seperti ini waktu tatap muka juga kurang sehingga mempengaruhi kualitas membaca anak. Setelah peenggunaan media kartu kata dirasa cukup untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.178

References

Akhyar, F. 2017. Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Textium.

Anggraeni, S.W., Alpian, Y. 2020. Membaca Permulaan dengan Teams Games Tournament (TGT). Pasuruhan : CV. Penerbit Qiara Media.

Guslinda, Kurnia. R. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya : CV. Jakad Publishing. (Online), (https://books.google.co.id/books?id=TgCDDwAAQBAJ&pg=PA1&dq=media+arsyad+2016&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwi3wrz2us7wAhVOAHIKHfIaDdEQ6AEwA3oECAQQAw#v=onepage&q=media%20arsyad%202016&f=false), diakses pada 22 Desember 2020.

Iskandarwassid, Sunendar. D. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Jamaris, M. 2015. Kesulitan Belajar. Bogor : Ghalia Indonesia.

Krissandi, dkk. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Jakarta : Media Maxima.

Moeloeng, L.J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Pakpahan, A.F. dkk. 2020. Pengembangan media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. (Online), (https://books.google.co.id/books?id=lZgQEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=jenis+media+pembelajaran&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiPlt_Gw87wAhVA_3MBHRCWDHwQ6wEwBHoECAMQBQ#v=onepage&q=jenis%20media%20pembelajaran&f=false), diakses pada 22 Desember 2020.

Pertiwi, A. D. 2016. Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, (Online), (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12372/8941), diakses pada 22 Desember 2020.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Wibawanto. W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember : Cerdas Ulet Kreatif. (Online), (https://books.google.co.id/books?id=9pULDgAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=media+pembelajaran&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjtu7-7v87wAhXBc30KHUIYDHwQ6wEwAXoECAIQBQ#v=onepage&q=media%20pembelajaran&f=false), diakses pada 22 Desember 2020.

Widyorini, E., Tiel, J.M.V. 2017. Disleksia Deteksi,Diagnosa, Penanganan di Sekolah dan di Rumah. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Wulandari. 2020. Pengaruh Media Softbook Waterproof Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Cilacap. Semarang : Universitas Negeri Semarang. (Online). (http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38626), diakses pada 22 Desember 2020.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Nevie Ayu Pramita, Angga Setiawan, Moh Farid Ma’ruf

Downloads

Download data is not yet available.