PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AYO BISA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
PDF

Keywords

Hasil Belajar
Multimedia Pembelajaran Interaktif
Sekolah Dasar

How to Cite

Putro, H. S., Febriandari, E. I., & Setiawan, A. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AYO BISA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/37

Abstract

Penggunaan media disadari oleh banyak praktisi pendidikan sangat membantu aktivitas proses pembelajaran terutama membantu peningkatan hasil belajar siswa. Permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran di kelas yaitu fasilitas media pembelajaran yang kurang, hasil belajar siswa pada materi siklus air diketahui ada beberapa siswa yang nilainya di bawah KKM dan belum diterapkannya multimedia pembelajaran interaktif pada materi siklus air dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, perlu dikembangkan sebuah multimedia pembelajaran berbasis komputer dengan materi siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian sebanyak 17 siswa. Dari data hasil kelayakan multimedia pada aspek materi diperoleh tingkat kevalidan sebesar 73 % (layak), aspek bahasa sebesar 98 % (sangat layak), dan aspek media sebesar 86 % (sangat layak). Hasil respon siswa diperoleh tingkat kevalidan sebesar 87 % (sangat positif). Dari segi keefektifan multimedia, diketahui nilai rata-rata pretest sebesar 68 dan nilai rata-rata posttest sebesar 86 maka diperoleh gain 0,563. Dari hasil tersebut penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif AYO BISA menggunakan pretest dan posttest mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang karena 0,30 ≤ g ≤ 0,70. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Multimedia Pembelajaran Interaktif AYO BISA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

PDF

References

Abdullah, R.S. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Faruqi, R.A. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif pada Materi Gerak dan Gaya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV MIN Sukosewu Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FITK UIN Malik Ibrahim Malang.

Munadhi, Y. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Noviyah. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Autoplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Memelihara Lingkungan Kelas III MI Yaspuri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FITK UIN Malik Ibrahim Malang.

Rusman. 2018. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwandi, N.D. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III SDN Kutorejo 01 Pandaan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FITK UIN Malik Ibrahim Malang.

Wahyuni, H.T. dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD, 1 (2). (Online), (http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799/1039), diakses pada 20 Desember 2019.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Herma Susilo Putro, Efi Ika Febriandari, Angga Setiawan

Downloads

Download data is not yet available.