PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF MAHASISWA MELALUI LESSON STUDY DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR
PDF

Keywords

Kemampuan Menulis Kreatif
Lesson Study
Pendidikan Literasi

How to Cite

Puspita, A. M. I., & Indrawati, D. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF MAHASISWA MELALUI LESSON STUDY DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 78–85. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.502

Abstract

Permasalahan pembelajaran yang dihadapi dalam perkuliahan Pendidikan literasi di sekolah dasar yaitu rendahnya kemampuan menulis kreatif mahasiswa. Beberapa permasalahan yang ditemui dalam menulis kreatif diantaranya kurangnya ide, waktu, dan beberapa hal teknis dalam menulis seperti pemilihan kata, tanda baca, dan penyusunan kalimat. Kondisi tersebut berdampak pada kemampuan menulis kreatif mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan literasi di sekolah dasar, sehingga pada saat pembuatan makalah maupun laporan akhir tugas mahasiswa kesulitan dalam menghasilkan tulisan yang kreatif. Pelaksanaan Lesson Study bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui peningkatan kompetensi dan kolaborasi antar dosen pada mata kuliah serumpun. Pelaksanaan Lesson Study melibatkan dosen dan observer yang terbagi dalam satu dosen sebagai model dan dua observer. Kegiatan Lesson Study mencakup tiga tahap kegiatan yang merupakan satu rangkaian yang disebut siklus yaitu Plan, Do, dan See. Dalam tahap Plan dilakukan diskusi mengkaji perencanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh dosen model, dalam tahap Do dilakukan pembelajaran oleh dosen model berdasar RPP hasil Plan, dalam tahap See dilakukan refleksi untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan dosen model untuk menemukan kelemahan dan kelebihan yang digunakan sebagai dasar penyusunan rencana tindak lanjut. Hasil Lesson Study menunjukkan bahwa (1) pemahaman mahasiswa tentang Teknik menulis kreatif meningkatkan, (2) Mahasiswa mampu menghasilkan tulisan yang kreatif, (3) mahasiswa mampu berkolaborasi dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis kreatif mahasiswa meningkat yang berdampal pada kualitas pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan literasi di sekolah dasar.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.502
PDF

References

Dafit, F. (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Multiliterasi. GERAM, 5(1), 49-57.

Hollingsworth, P. & Lewis, G. (2008). Pembelajaran Aktif Meningkatkan. Keasyikan Kegiatan Di Kelas. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang

Saputro, E., Widodo, M., & Rusminto, N. E. (2014). Pengembangan bahan ajar menulis berbasis nilai-nilai kearifan lokal. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2 Sep).

Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Supriyono, W., & Ahmadi, H. A. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilo, H. (2022). Lesson Study Berbasis Sekolah:(Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif). Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Yuniasih, E. (2020). Penggunaan Model Make A Match Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bilangan Kuadrat Siswa Kelas V SDN 4 Pare Tahun Pelajaran 2019/2020. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 1355-1360).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Ari Metalin Ika Puspita, Delia Indrawati

Downloads

Download data is not yet available.