PENGARUH MODEL SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
PDF

Keywords

Model SAVI
Minat Belajar
Hasil Belajar

How to Cite

Oksalina, P. D. H., William, N., & Wardhani, I. S. K. (2021). PENGARUH MODEL SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR . TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 20–28. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/262

Abstract

Pembelajaran dengan model somatic auditory visual intellectual (SAVI) yaitu pembelajaran yang menekankan penggunaan indra dan pemecahan masalah. Dengan demikian untuk mengetahui pengaruh SAVI terhadap minat dan hasil belajar maka dilakukan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen dengan desain non equivalent pre-test and post test control group design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes yaitu yang dianalisis dengan uji independent sample t test. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan terhadap minat dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar.

PDF

References

Creswell, J. W. 2018. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Devitasari, T. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran SAVI terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Lawatan 01 Kabupaten Tegal. (Online), Indonesian Journal of Conservation 8 (1), (journal.unnes.ac.id), diakses 24 Desember 2020.

Kompri. 2017. Belajar Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Kusumawati, H. 2017. Lingkungan Sahabat Kita Buku Guru. Jakarta: Pusat Kurikulum, Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Parindra, W. D., Santosa, A. B., & William, N. 2021. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 91–99. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/94

Parwati, N. N., dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Ratumanan & Rosmiati, I. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sholehah, S. H., dkk. 2018. Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sd Negeri Karangroto 04 Semarangi. Jurnal: Mimbar Ilmu Vol. 23, No. 3, (online), (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/16494), diakses 25 Maret 2021.

Sudijono, A. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikani. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutarna, N. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, (Online), vol. 5, no.2, (https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6068), diakses 2 Desember 2020.

Syah, M. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Yunitasari, R & Haniffah, U. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2, No. 3, (Online), (https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/142), diakses 24 Maret 2021.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Putri Devi Hiqma Oksalina, Nanda William, Intan Susetyo Kusuma Wardhani