PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
PDF

Keywords

Hasil Belajar
Model Pembelajaran Problem Posing

How to Cite

Parindra, W. D., Santosa, A. B., & William, N. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 91–99. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/94

Abstract

Sekolah sebagai salah satu pelaksana pendidikan yang paling utama di samping pendidikan yang diperoleh dari lingkungan keluarga dan masyarakat. Sehingga sekolah diharapkan menjadi lingkungan belajar yang mampu memberi pengalaman langsung untuk mengambangkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Permasalahannya, guru cenderung menggunakan metode ceramah serta hanya memilih buku sebagai sumber belajar siswa. Sehingga kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi baik pengetahuan dan keterampilan kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eskperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa sekolah dasar kelas IV dengan jumlah 21 siswa. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes sejumlah 30 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05., maka Ha diterima dan H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran problem posing berpengaruh pada hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

PDF

References

Ananda. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1 (1), 25.

Ananda & Fadhilaturrahmi. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu, 2 (2), 12.

Astra, I. M., Umiatin & Jannah, M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8. 8:136.

Dasopang. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3 (2), 338.

Fi’liyah. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Problem Posing Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan SPLDV Kelas VIII MTs Darul Ulum Waru”. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Guntara, I W., Murda, I N., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Negeri Kalibukbuk. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1), 8.

Haji. (2011). Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Triadik, 14 (1), 60-61.

Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, H. M. D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 71-72.

Hidayah. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2 (1): 36.

Kristina, M., Dewi, N. A. K., Ponidi & Muzayyana, L. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Menyimak Teks Cerita Rakyat Melalui Pembelajaran Problem Posing Siswa Kelas V SDN 2 Madukoro. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12 (1).

Nasution. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11 (1), 10.

Ratumanan & Laurens. (2011). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2. Ambon: Unesa University Press.

Restikawati, I., Santosa, A., & William, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 81-90. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.71

Santosa, A. B. (2008). Pengaruh Pembelajaran Kreatif-Produktif Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Kewirausahaan Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek Pada Semester Genap Tahun Akademik 2007/2008. Cakrawala Pendidikan, 10 (2), 278.

Santosa, A. B., Damayanti, A., & Dewi, S. U. 2016. Persepsi Model Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Inggris. Dewantara, 2 (2), 150.

Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Solekhah. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Dolpin Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 1 Taman, Sidoarjo. JPGSD, 06 (08), 1399.

Sudjana. (2011). Penilaian. Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Alfabeta.

Suntianah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widayanti, L., Sutama, I. M., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Menulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNDIKSHA, 9 (1), 30-31.

Wulandari, D., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Model Problem Posing Learning (PPL) Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Siswa kelas IV SD Salatiga 02. Jurnal Mitra Pendidikan (JJMP Online), 2 (3).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Widya Dwi Parindra, Agus Budi Santosa, Nanda William

Downloads

Download data is not yet available.