ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING
PDF

Keywords

Minat Belajar
Pembelajaran Daring

How to Cite

William, N., Asror, M. C., & Saputro, Y. J. A. (2021). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 118–123. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/431

Abstract

Minat belajar merupakan suatu hal tentang keinginan, kesukaan,ketertarikan dan keterlibatan siswa terhadap aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Sehubungan dengan kebijakan pemerintah, pendidikan di Indonesia dilakukan dengan proses pembelajaran Daring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa. Proses pembelajaran daring juga harus disesuaikan dengan minat, kondisi, dan situasi siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat minat belajar siswa SDN 2 Karangrejo tahun ajaran 2019/2020 semester 2 dalam mengikuti proses pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini jumlah 37 responden. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa tingkat minat belajar siswa SDN 2 Karangrejo tahun ajaran 2019/2020 semester 2 secara umum masih dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang berjumlah 12 dengan presentase 32% dikategorikan sangat tinggi. Pada kategori tinggi sebanyak 21 siswa dengan presentase 57%, pada kategori sedang berjumlah 4 siswa dengan presentase 11%, dan tidak ada siswa dalam kategori rendah dan sangat rendah.

PDF

References

Amri, S. dan Ahmadi, K. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Darmadi, H. 2012. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Hayati, N. 2020. Metode Pembelajaran Daring atau E-Learning Yang Efektif. (Online).

Kompri. 2017. Belajar Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta : Media Akademi.

Makrifah, I. 2018. Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar (Kjd) Di Smk Syubbanul Wathon Tegalrejo Kabupaten Magelang. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta : Fakultas Teknik Negeri Yogyakarta.

Oktarika, D. 2015. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media E Learning Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah E Learning di Program Studi P.TIK. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, (Online), 4 (1), (https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/2/2)

Sukardi. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suswandari, M. 2019. Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, (Online), 1 (2).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.