KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MASA PANDEMI COVID-19

Keywords

Media Video Pembelajaran
Hasil Belajar
Pandemi Covid-19

How to Cite

Abdiansyah, V. M., & Santosa, A. B. (2023). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MASA PANDEMI COVID-19. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 114–123. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.382

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan sifat  eskperimen menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini mengambil sampel kelas III dengan jumlah 15 siswa. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Penskoran soal tersebut apabila benar = 1 dan salah = 0. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran (Variabel X) terhadap hasil belajar (Variabel Y). Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran dapat dilakukan dengan cara menghitung data menggunakan Uji Paired Sample T Test. Hasil Uji Paired Sample T Test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak, berarti terdapat pengaruh penerapan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa  Kelas III Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 3 Kendalrejo tahun pelajaran 2020/2021.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.382

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2003). Media Pembelajaran. Jakrta:PT. Raja Grafindo.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bilfaqih, Yusuf. 2015. Esesnsi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Marissa, dkk. 2015. Komputer dan Media Pembelajaran. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Muanis Aridlo. 2006, Keefektifan media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMPN 1 Kartasura, di akses 26 November 2021.

Mustakim. 2020. Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Wajo, di akses 27 November 2021.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Alfabeta.

Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta Pedagogia.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Vitsol Meidika Abdiansyah, Agus Budi Santosa

Downloads

Download data is not yet available.