ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA PAS TEMA 1 SEMESTER GANJIL KELAS IV TAHUN 2019/2020 SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TRENGGALEK

Keywords

Analisis Butir Soal
Penilaian Akhir Semester
Siswa Kelas IV

How to Cite

Rismawati, H., Santosa, A. B., & Nugroho, W. (2022). ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA PAS TEMA 1 SEMESTER GANJIL KELAS IV TAHUN 2019/2020 SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TRENGGALEK. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 46–63. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.174

Abstract

Analisis butir soal pilihan ganda perlu dilakukan untuk mengetahui kualitas dari butir soal tersebut. Selain untuk mengetahui butir soal juga dapat digunakan untuk melakukan perbaikan pada butir soal pada soal evaluasi berikutnya.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan mengetahui kualitas soal dan kesesuaian antara soal dengan indikator yang ada pada soal pilihan ganda PAS kelas IV tema 1 Sekolah Dasar di Kecamatan Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif menggunakan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah guru, kelas IV SDN 3 Ngantru.
Jumlah subjek yang digunakan 1 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara,dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dan analisa yang dilakukan peneliti soal PAS pilihan ganda memiliki tingkat efektivitas soal dapat dikatakan memiliki efektivitas tinggi apabila presentase butir soal 23,4% - 35%.
Sedangkan butir soal yang memiliki efektivitas sedang memiliki prsentase butir soal 11,8% - 23,3%, dan butir soal memiliki efektivitas rendah apabila presentase butir soal 0% - 11,7%. Soal yang memiliki efektivitas tinggi terdapat pada butir soal nomor 4 dan 7, dan soal yang memiliki efektivitas rendah terdapat pada butir soal nomor 10 dan 17. Sedangkan soal dapat dikatakan memiliki tingkat kesukaraan tinggi apabila presentase butir soal 23,4% - 35%.
Sedangkan butir soal yang memiliki tingkat kesukaraan sedang memiliki prsentase butir soal 11,8% - 23,3%, dan butir soal memiliki tingkat kesukaraan rendah apabila presentase butir soal 0-11,7. Soal yang memiliki tinkat kesukaran tinggi terdapat pada butir soal nomor 10 dan 17, dan soal yang memiliki tingkat kesukaran rendah terdapat pada butir soal nomor 4 dan 7.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.174

References

Arifin, Zainal. 2012 . Evaluasi Pembelajaran . Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, S.2012.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Diawati, C. 2018. Dasar-dasar Perancangan Dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kurniawan, D. 2019. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Alfabeta

Moloeng, L. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Permendikbud. 2016. Permendikbud RI nomor 23 tahun 2016 tentang dokumentasi kurikulum.Jakarta: Depdiknas (Online), (https://bsnp-indonesia.org/wpcontent/uploads/2009/09/Permendikbud_Tahun2016_Nomor023.pdf), diakses 24 Desember 2020

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu . Depok: PT Rajagrafindo Persada

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sudjana N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Yuniasari, T. 2016. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Ulangan Akhir Semester Genap Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Yanti, F. 2016. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Tema 4. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Heni Rismawati, Agus Budi Santosa, Wahyu Nugroho

Downloads

Download data is not yet available.