PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS VISUAL LITERACY UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPASIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR
PDF

Keywords

Media Pembelajaran Flipbook
Kecerdasan Spasial
Visual Literacy
Ekosistem

How to Cite

Bekti, H. T., Pratiwi, D. J., & Nugroho, W. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS VISUAL LITERACY UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPASIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.55933/tjripd.v4i1.582

Abstract

Hasil observasi kecerdasan spasial di SDN 1 Ngares dan SDN 2 Sengon pada pembelajaran IPA tema 5 subtema 1 materi ekosistem cenderung masih rendah, dalam kegiatan pembelajan terlihat siswa masih kurang mampu dalam memahami sesuatu yang  berhubungan dengan gambar, warna, bentuk, dan unsur-unsur visual lainnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis visual literacy berupa media Flipbook untuk meningkatkan kecerdasan spasial siswa pada pembelajaran IPA materi ekosistem di SDN 1 Ngares dan SDN 2 Sengon. Metode dan jenis penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D) dengan Model pengembangan ADDIE. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD 1 Ngares dan SDN 2 Sengon. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah validasi ahli dan uji paired sample t Test. Berdasarkan hasil validasi para ahli, media pembelajaran Flipbook berbasis visual literasi pada materi Ekosistem dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut berdasarkan persentase kelayakan dari ahli media 97% (sangat valid), ahli materi 97% (sangat valid), ahli bahasa 98% (sangat valid) dan ahli praktisi 96,4%.(sangat valid). Dengan demikian, media pembelajaran Flipbook yang dikembangkan dikategorikan sangat layak untuk digunakan.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v4i1.582
PDF

References

Helmi, H., Sesrita, A., & Laeli, S. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar Pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA Di SD Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 24-28. https://journal.unuha.ac.id/index.php/JTI/article/view/105. di akses 20 Februari 2023

Karolina, L. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Di TK Sepakat Kecamatan Talo. Skripsi belum diterbitkan (Doctoral Dissertation, Iain Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/2843/1/Skripsi%20Lidia.pdf. di akses 25 Februari 2023

Launin, S., Nugroho, W., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3),216-223. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp/article/view/176 di akses 15 Maret 2023

Pinatih, S. A. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA Kelas V di SD N 2 Gianyar Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi belum diterbitkan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). https://repo.undiksha.ac.id/6176/ di akses 14 Mei 2023

Puspita, I., Puspitaningsih, F., & Diana, Y (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoin interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Tanggap: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1). https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/42/14 diakses 20 Mei 2023

Putri, D. Y., Santosa, A, B., & Nugroho, W. (2022), Pengembangan Media Permainan Monopoli Proklamasi Kemerdekaan Sebagai Evaluasi Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar. Tanggap: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 110-121. https://doi.org/10.55933/tripd.v212.185 diakses 25 Mei 2023

Roemintoyo, R., Budiarto, K. (2021), Flipbook as innovation of Digital Learning Media : Preparing Education For Facing And Facilitating 21st Century Learning. JET : Journal of Education Technology, 5(1). https://doi.org/10.23887/jet.v%25vi%25i.32362 diakses 29 April 2023.

Setiadi, I.,Muksar, M., Suprianti, D. (2021), Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan AKtivitas Dan Hasil Belajar Siswa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(4).http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2542 diakses 29 April 2023

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta Hasriani (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV SD Inpres Tello Baru Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/19280-Full_Text.pdf. di akses 15 Februari 2023

Susiaty, UD, Oktaviana, D., & Firdaus, M. (2022). Pengembangan Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Evaluasi Dengan Flip Book Assisted E-Books. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif , 13 (2),283-295. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/download/38050/13474. di akses 15 April 2023

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Hannani Tri Bekti, Diyanti Jati Pratiwi, Wahyu Nugroho

Downloads

Download data is not yet available.